Jumat, 17 Mei 2024

TBM ALC: 1. GIF ASMIDA _SELAMAT HARI BUKU NASIONAL 17 MEI 2024_Walau Masih "Jauh Panggang Dari Api" (DRDRAHJRMAAMPD)

#17mei2024 "Hari Buku Nasional": Walau Masih "Jauh Panggang Dari Api"

Terbentuknya hari buku nasional yang bertepatan dengan hari perpustakaan nasional tgl 17 Mei, untuk menjawab keprihatinan akan minat baca anak Indonesia. Berdasarkan data UNESCO "minat baca Indonesia hanya 0,001%. Artinya, hanya ada 1 dari 1000 orang yang rutin membaca".

Selanjutnya berdasarkan data "United Nations Educational, Scientific and Cultural Organizatoin (UNESCO) di tahun 2016 minat baca buku di Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara di dunia". Abdul Malik Fadjar, selaku Menteri Pendidikan Nasional era Presiden Megawati Soekarnoputri, kemudian mencetuskan ide tentang "Hari Buku Nasional", yang diperingati pertama kali pada tahun 2002. Dengan tujuan agar dapat meningkatkan minat baca dan literasi di Indonesia.

Namun tujuan tersebut nampaknya bagai pepatah "jauh panggang dari api", hal tersebut senada dengan yang diungkapkan oleh "Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia, Uli Silalahi dalam press conference Big Bad Wolf Indonesia di kawasan Menteng Jakarta Pusat, Kamis 17 November 2022. 

“Minat baca kita di tahun 2016 sampai sekarang belum berubah". Selanjutnya dinyatakan berdasarkan data "Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 disebutkan tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia secara keseluruhan berada di angka 59,52 dengan durasi membaca 4-5 jam per minggu dan 4-5 buku per triwulan".

Walau masih "jauh panggang dari api" atau tidak sesuai dari harapan, paling tidak dengan adanya hari buku nasional, mengingatkan generasi penerus bangsa di negara Indonesia khususnya Provinsi Riau untuk selalu mencintai buku (buku konvensional maupun buku digital) dan mulai membaca berbagai macam buku yang bermanfaat, mengasah pikiran untuk cerdas. Kalau tidak kita tetap akan menjadi penonton dan hanya berkeluh kesah atas kemajuan negara di belahan dunia dalam berbagai aspek.

Sajian ASMIDA Gerakan Literasi Asmida Tbm Asmida KKALC Asmida Learning Center 17 L2PTS GROUP (DRDRAHJRMAAMPD)
Sumber: disarikan dari berbagai sumber 

"Selamat Hari Buku Nasional, 17 Mei 2024"

Membaca Itu Adalah Jiwa (Dr. Dra. Hj. Raja Muda Asmida, M. Pd / Renungan Asmida, 24 Juli 2022)

#literasi #literasitbmalc #literasialc #asmidamenulis #merdekabelajarasmida #asmidalearningcenter #renunganasmida #selamatharibukunasional17mei2024 #ayobaca #bukudigitalasmida #perpusdigas #galeriasmida
Gif Asmida oleh Dr. Dra. Hj. Raja Muda Asmida, M.Pd/ Pemilik dan Pendiri L2PTS GROUP (DRDRAHJRMAAMPD)




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar