Selasa, 21 November 2023

TBM ALC: 5. Negara-Negara ASEAN dan Sumber Daya Unggulannya (4) gb dan (1) Poster

 4. #21november2023 #sahabatasmida Taukah kalian saat ini "Organisasi regional ASEAN yang awalnya dibentuk oleh 5 negara di Asia Tenggara, yang keanggotaannya terdiri dari: 1). Malaysia, 2). Indonesia, 3). Filipina, 4). Thailand, dan 5). Singapura dengan penandatangan Deklarasi ASEAN oleh Menteri-Menteri Luar Negeri kelima negara tersebut pada 8 Agustus 1967 di Bangkok. Saat ini keanggotaannya tidak lagi 5 negara seperti diawal pembentukan, tapi sudah menjadi 11 negara dengan bergabungnya negara: "Brunei Darussalam pada 7 Agustus 1984"; "Vietnam pada 28 Juli 1995"; "Laos pada 23 Juli 1997"; "Myanmar pada 23 Juli 1997"; "Kamboja pada 30 April 1999"; "Timor Leste pada 11 November 2022". (Disajikan Asmida KKALC 17 dari sumber http://kumparan.com)  


Apa saje Sumber Daya Unggulan Negara-Negara ASEAN tersebut. Untuk jelas sile bace gambar👇


#repost #SahabatDikbud, salah satu program kerja Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) yaitu menciptakan kerja sama dalam bidang ekonomi. Tiap negara ASEAN bersatu dalam sebuah perjanjian perdagangan internasional yang disebut Asean Free Trade Center (AFTA). Kerja sama ini bertujuan untuk mempermudah perdagangan antarnegara serta meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan pada masing-masing negara.


Salah satu bentuk kerja sama ekonominya yaitu melakukan ekspor Sumber Daya Alam (SDA). Meski terletak di wilayah yang berdekatan, tetapi SDA yang menjadi keunggulan tiap negara ASEAN tentu tidak sama. Penasaran apa saja SDA unggulan di negara-negara ASEAN? Yuk, simak info singkatnya!


#MerdekaBelajar #WiyataDikbud #ASEANIndonesia2023

#sahabatdikbud #merdekabelajar #merdekabelajarasmida #sahabatasmida #literasi #literasialc #literasitbmalc #asmidamenulis #koleksitbmalc #Malaysia #Indonesia #Filipina #Thailand #Singapura #BruneiDarussalam #Vietnam #Laos #Myanmar #Kamboja #TimorLeste #sumberdayaalam








Tidak ada komentar:

Posting Komentar