Minggu, 07 Juli 2024

TBM ALC: 07 JULI 2024. (2) "SEJARAH 1 MUHARRAM "_SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1446 H

 

Infografis Asmida 

Videografi Asmida 

#07juli2024 "....Seperti Apa Sejarah 1 Muharram? Mengapa Ia Ditetapkan Menjadi Awal Tahun Hijriah? 

Selanjutnye #sahabatasmida sile bace👇Sajian ASMIDA  KKALC 17 L2PTS GROUP (DRDRAHJRMAAMPD)

"Sejarah 1 Muharram: Awal Mula Penetapan Kalender Hijriah oleh Umar bin Khattab"

"Muharram adalah bulan pertama yang datang mendahului 11 bulan lainnya. Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama Aceh, secara bahasa, Muharram berarti bulan yang diharamkan. Sebab, pada bulan tersebut, orang-orang Arab dilarang berperang satu dengan lainnya".

"Selain itu, penamaan bulan ini juga disebabkan karena ia memiliki sejumlah keutamaan. Dalam Tafsir Ibnu Katsir, terdapat keterangan yang Artinya: "Dinamakan bulan Muharram karena bulan tersebut memiliki banyak keutamaan dan kemuliaan, bahkan bulan ini memiliki keistimewaan serta kemuliaan yang sangat amat sekali dikarenakan orang arab tempo dulu menyebutnya sebagai bulan yang mulia (haram), tahun berikutnya menyebut bulan biasa (halal)."

"Lalu, seperti apa sejarah 1 Muharram? Mengapa ia ditetapkan menjadi awal tahun Hijriah?"

"Sejarah 1 Muharram"
"Dikutip Sejarah Pembentukan Kalender Hijriyah oleh Ahmad Zarkasih, Lc, nama-nama bulan kalender Hijriah telah ada sejak zaman Jahiliyah. Artinya, sebutan Syaban, Ramadhan, Syawal, Dzulhijjah, dan lain sebagainya telah dikenal orang-orang Arab sebelumnya".

"Penetapan 1 Muharram sebagai awal tahun baru Hijriah bermula dari surat Gubernur Abu Musa Al-Asy'ari untuk Khalifah Umar bin Khattab. Berdasar uraian dalam laman Majelis Ulama Indonesia (MUI), surat tersebut dikirimkan oleh sang gubernur pada 17 Hijriah".

"Dalam surat tersebut, Abu Musa Al-Asy'ari menulis, "Sungguh, surat-surat darimu telah kami terima tanpa catatan tanggal, bulan, dan tahun,". Alasan Abu Musa mengirimkannya adalah karena dalam rak miliknya, terdapat banyak surat yang membingungkan".

"Abu Musa Al-Asy'ari bingung untuk menentukan surat mana yang baru dan mana yang lama. Oleh karenanya, ia mengirim surat kepada Umar bin Khattab dalam rangka mengadu sekaligus menyarankan pembentukan sebuah penanggalan agar kebingungan di antara gubernur-gubernurnya terhapus".

"Dilansir NU Online, usai menerima surat tersebut, Umar mengundang para sahabat terkemuka untuk berdiskusi. Beliau membuka musyawarah dengan berkata, "Hari apa yang kita dapat jadikan patokan dalam menulis penanggalan?"

"Hadirin yang hadir memberikan beberapa usulan. Ada yang mengusulkan kelahiran Nabi SAW, wafatnya Nabi SAW, peristiwa Hijrah, dan tahun pengangkatan Muhammad sebagai utusan Allah".

"Usai menimbang, Umar berkata, "Hijrah memisahkan yang hak dan batil. Jadikan ia sebagai pedoman tahun penanggalan,". Keputusan inilah yang menjadi dasar penetapan tahun hijrah sebagai tahun pertama dalam kalender Hijriah".

"Setelah tahun pertama Hijriah disepakati, pembahasan beralih untuk menentukan bulan pertama. Di antara hadirin ada yang menawarkan Rabiul Awwal sebagai bulan pertama, sebab, pada bulan ini Rasulullah berhijrah".

"Namun, Khalifah Umar bin Khattab lebih memilih Muharram sebagai bulan pembuka kalender Hijriah. Selain akibat dukungan Utsman bin Affan, alasannya adalah karena Muharram adalah muqaddimah (permulaan) hijrah biarpun hijrahnya sendiri terjadi pada Rabiul Awwal".

"Ada pula yang menyatakan bahwasanya alasan Umar memilih Muharram adalah karena pada bulan tersebut, orang-orang bergegas meninggalkan rangkaian ibadah haji. Sejak ditetapkan Umar, Muharram resmi dijadikan bulan pertama dalam sistem penanggalan Hijriah".

"Kembali ditilik dari NU Online, sebagian riwayat justru menyebut Ya'la bin Umayyah sebagai orang pertama yang menentukan penanggalan kalender Hijriah. Hal ini ditetapkannya selagi berada di Yaman berdasar riwayat Ahmad dengan sanad shahih".

"Kendati demikian, sanadnya terputus antara Amr bin Dinar dan Ya'la. Wallahu a'lam bish-shawab".

Sumber: https://www.detik.com/jogja/berita/d-7423831/sejarah-1-muharram-awal-mula-penetapan-kalender-hijriah-oleh-umar-bin-khattab

#Muharram #Sejarah1Muharram #KhalifahUmarbinKhattab #AbuMusaAlAsyari #orangarabtempodulu 
#17Hijriah #kalenderhijriah #zamanjahiliyah  #kalenderhijriahtelahadasejakzamanjahiliyah.
#literasitbmalc #literasialc #galeriasmida #koleksitbmalc #sejarahislam #tamanbacaasmida #tamankreasiasmida #kampungliterasialc #perpusdigas #asmidamenulis #1446h #merdekabelajarasmida #Sejarah #YalabinUmayyah






Tidak ada komentar:

Posting Komentar