Senin, 01 Juli 2024

TBM ALC: 01 Juli 2024. (2). "Umroh" _Videografi Asmida, 2024 (DRDRAHJRMAAMPD)

"Umroh"



Menurut bahasa "umroh" artinya adalah "ziarah atau mengunjungi suatu tempat".


Umroh adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam yang dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci "Makkah", khususnya di "Masjidil Haram".


Pada istilah teknis syari'ah, Umrah berarti melaksanakan tawaf di Ka'bah dan sa'i antara Shofa dan Marwah, setelah memakai ihram yang diambil dari miqat. 


"Rukun-Rukun Umroh"

Secara umum, terdapat 5 hal yang menjadi rukun dalam ibadah umroh. Hal ini sebagai bentuk kehati-hatian agar umroh yang dilakukan bisa terlaksana dengan lebih sempurna. 


Rukun umroh: 

1).  Ihram, yaitu niat untuk masuk atau memulai ibadah umroh dan haji;

2). Tawaf atau mengelilingi Baitullah Ka'bah sebanyak tujuh kali. Saat tawaf, Anda harus menempatkan diri di sisi kiri Ka'bah di dimulai dari Hajar Aswad;

3).  Sai yaitu  lari -lari kecil tujuh kali antara Bukit Shafa dan Bukit Marwah. Syarat sai harus dimulai dari Bukit Safa dan berakhir di Bukit Marwah;

4). Tahalul. Dalam hal ini, dianjurkan untuk pria mencukur habis rambutnya, sedangkan wanita memotongnya sebatas ujung jari.

5). Tertib


Semua rukun umroh di atas👆dilaksanakan secara berurutan, memprioritaskan rukun yang harus didahulukan dan menyelesaikan rukun yang harus diselesaikan. Jika salah satu rukun umroh ada yang tidak dipenuhi, maka ibadahnya dianggap tidak sah.


Sumber: Disarikan dari berbagai sumber 

Sajian ASMIDA KKALC17 L2PTS GROUP  (DRDRAHJRMAAMPD)

#literasi #literasitbmalc #asmidamenulis


Versi Videografi Asmida pakai musik, 2024


https://www.facebook.com/100024011825705/videos/1266237724339201/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar