Rabu, 03 Juli 2024

TBM ALC: 03 Juli 2024. (2). "Margarita Rudomino Pendiri Perpustakaan Negara Seluruh Rusia untuk Sastra Asing" (DRDRAHJRMAAMPD)


Infografis Asmida, 2024 

#03juli2024 "Margarita Rudomino Pendiri Perpustakaan Negara Seluruh Rusia untuk Sastra Asing"

"Margarita Rudomino seorang pustakawan Soviet yang mendirikan apa yang kemudian disebut Perpustakaan Negara Seluruh Rusia untuk Sastra Asing".

"Rudomino lahir pada tahun 1900 di Białystok , yang sekarang berada di Polandia, tetapi saat itu merupakan bagian dari Kekaisaran Rusia. Pada tahun 1921, ia mendirikan perpustakaan buku-buku asing di sebuah bangunan tua di pusat kota Moskow.
Rudomino mengembangkan koleksinya dan belajar di Denmark untuk memahami teknik-teknik perpustakaan Barat. Buku-buku di perpustakaannya dikatalogkan menurut sistem yang digunakan dalam budaya yang menciptakannya". 

"Perpustakaan Rudomino menjadi sangat penting selama Perang Dingin pada periode antara tahun 1945 dan 1953. Selama periode ini, rata-rata orang Rusia dapat ditangkap karena memiliki salinan surat kabar asing, tetapi pekerjaan perpustakaan tersebut terus berlanjut dan perpustakaan tersebut tidak ditutup. Perpustakaan tersebut memiliki teks-teks Jerman yang diambil setelah Perang Dunia Kedua, tetapi perpustakaan Rudomino tetap menyediakan jurnal-jurnal ilmiah asing untuk memungkinkan sains Rusia berkembang". 

"Dia menerima Order of the Badge of Honor pada tahun 1962 dan Order of the Red Banner of Labour pada tahun 1970".

"Rudomino pensiun pada tahun 1973 dan meninggal pada tahun 1990. Perpustakaan tersebut berganti nama menjadi namanya pada tahun 1990". 

Sumber: https://en.m.wikipedia.org/wiki/Margarita_Rudomino

Sajian ASMIDA KKALC 17 L2PTS GROUP (DRDRAHJRMAAMPD)

#literasi #literasitbmalc #asmidalearningcenter #literasialc #galeriasmida #ayobaca #sejarah #perpustakaanrudomino #rusia #denmark #moskow #soviet #sastraasing #jerman #margaritarudomino




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar