Sabtu, 06 Januari 2024

TBM ALC: (2). Satu Poster dan satu video "PAKAR BOTANI DALAM SEJARAH PERADABAN ISLAM"

 #06januari2024 "PAKAR BOTANI DALAM SEJARAH PERADABAN ISLAM"


#sahabatasmida Taukah kalian Pakar Botani dalam Sejarah Peradaban Islam. Karya-karya mereka tersebar luas dan beberapa dari karya mereka di antaranya dapat dibaca hingga saat ini. Mereka antara lain mengkaji khasiat tanaman-tanaman tertentu yang dapat menjadi bahan baku obat.Yuk simak, siape saje ilmuwan muslim pada zaman klasik yang menjadi pakar botani. 


Beberapa dari para ilmuwan itu merancang klasifikasi tanaman yang telah ditemukan. Siape mereka, yuk sahabat asmida simak 👇Mereka adalah sebagai berikut:


1). "Ad-Dinawari" 

"Abu Hanifah Ahmad bin Dawud Dinawari (828-896). Kepakarannya mencakup beragam ilmu, seperti astronomi, metalurgi, matematika, geografi, sejarah, dan biologi. Dunia modern lebih mengenal namanya dalam lingkup ilmu botani. Karyanya, Kitab an-Nabat, menjadi rujukan utama botani abad kesembilan".


2). "Al-Qalanisi"


" Ilmuwan abad ke-12 ini menulis buku Aqrabadhin yang membahas tentang kehidupan tanaman. Al-Qalanisi membahas tentang pengaruh cuaca terhadap pertumbuhan sayur mayur. Dia juga memaparkan persoalan pengembangbiakan tanaman melalui intervensi manusia".


3). "Ibn as-Suri" 


"Pria bernama lengkap Rasyiduddin bin al-Suri ini lahir di Tyre Lebanon pada 1177. Pada masa kekuasaan Sultan al-Mu'azzam dan Sultan an-Nashir, dia menjadi kepala dokter istana. Dia wafat di Damaskus pada 1242. Karyanya antara lain Al-Adwiya al- Mufrada. Dia memaparkan persoalan obat-obatan termasuk khasiat herbal".


#literasitbmalc #literasialc #asmidamenulis #galeriasmida #koleksitbmalc #botaniasmida #botani #pakarbotanidalamsejarahperadabanislam #astronomi #metalurgi #matematika #geografi #sejarah #biologi #botaniabadkesembilan #kitabannabat #bukuaqrabadhin #aladwiyaalmufrada.


Sumber 👇









Tidak ada komentar:

Posting Komentar