Senin, 15 Januari 2024

TBM ALC: 1. "Lintasan Sejarah lmunisasi di Dunia dan Pencipta Imunisasi" Ringkasan Asmida Menulis

 #15januari2024 "MENGENAL JENIS IMUNISASI" 


#sahabatasmida "Lintasan Sejarah lmunisasi di Dunia dan Pencipta Imunisasi" merupekan salah satu dari isi buku "Mengenal Jenis Imunisasi " Yuk kite simak


1). "Sekitar 600 SM di Cina dilakukan penyuntikan material cacar air melalui lubang hidung". 


2). "Pada 1718, penyuntikan material dari luka cacar air kepada orang sehat pertama kali di Inggris, dan kemudian di Amerika. Salah satu orang yang melakukannya adalah seorang pendiri Amerika, Thomas Jefferson". 


3). "Pada 1796, Edwar Jenner pertama kali melakukan imunisasi pasien cacar air dengan material dari luka cacar air sapi. Jenner menyuntik James Phipps, seorang bocah lelaki berumur delapan tahun dengan sesuatu yang diambil dari bintik penyakit "cacar sapi" yang ada di tangan seorang pemerah susu. Sebagaimana memang diharapkan, bocah kecil itu kehinggapan "cacar sapi" tetapi segera sembuh. Beberapa minggu kemudian. Jenner menyuntikkan Phipps serum cacar.


Sebagaimana diharapkan pada bocah itu, tidak tampak tanda-tanda penyakit. Sesudah melakukan penyelidikan lebih mendalam, Jenner memperkenalkan hasil-hasil usahanya lewat-sebuah buku tipis berjudul An Inquiry into the Causes and Effects of the Variolae Vaccinae, diterbitkannya secara pribadi tahun 1798. Buku itulah yang jadi penyebab diterimanya vaksinasi secara umum dan berkembang luas.........".


4) "Pada 1885, Louis Pasteur menemukan vaksin rabies untuk seorang pemuda yang digigit oleh anjing gila.........".


5). "Pada 1954, Jonas Salk mengenalkan vaksin yang dapat disuntikkan untuk melawan penyakit polio. Berbekal dasar pengetahuan dari penelitian sebelumnya, Salk mulai menyelidiki tentang virus polio penyebab penyakit poliomielitis.


Penyakit ini cukup mengerikan. Kondisi paling parah yang dapat terjadi adalah penderita dapat mengalami kelumpuhan permanen bahkan kematian.........".


Selengkapnya dapat dibace di koleksi buku digital asmida👇 perpusdigas TBM ALC Asmida Learning Center L2PTS GROUP. 


Format digital disajikan oleh (APSE) salah satu anggota tim literasi tbm alc bahagian L2PTS GROUP. 

Proses uploud ke situs resmi PerpusdigAs Tbm Asmida, dowloud, posting dan sedikit ringkasan oleh (DRDRAHJAAMPD)


#literasi #literasitbmalc #koleksilametbmalc #perpusdigas #bukudigitalasmida #edwarjenner #louispasteur #jonassalk #lintasansejarahimunisasididuniadanpenciptaimunisasi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar