Selasa, 26 Maret 2024

TBM ALC: 1. “Kenapa Danau Pink di Australia Tidak Boleh Disentuh”?

 “Kenapa Danau Pink di Australia Tidak Boleh Disentuh”?

Sahabat Asmida, tahukah kalian di Australia tepatnya di Melbourne terdapat sebuah danau berwarna merah muda atau pink yang sangat terkenal. 

Sahabat Asmida, “danau pink (merah muda)” merupekan fenomena alam yang sangat unik, indah,  dan  tentunya sangat menarik wisatawan untuk melihat langsung di Australia, walau hanya dari kejauhan. 

Pemerintah setempat mengeluarkan larangan bagi para pengunjung untuk  mendekati tepian danau pink dan melarang menyentuh air di danau tersebut.

Larangan untuk mendekati tepian danau dan menyentuh air di danau itu dikeluarkan pemerintah  untuk melindungi vegetasi yang ada di sekitar danau agar tetap terjaga kealamiannya.

Selain untuk melindungi vegetasi yang ada di sekitar danau pink , larangan tersebut mengingat danau pink memiliki kadar garam yang tinggi sehingga sangat asin yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit manusia. 

Sahabat Asmida, warna merah muda pada danau ini sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor namun yang paling utama adalah meningkatnya kadar garam di dalam air.

Nah, saat kadar garam tinggi, suhu, sinar matahari, hingga curah hujan membuat ganggang tumbuh di kerak garam yang ada di danau.

Ganggang itu yang kemudian membuat warna danau menjadi merah muda. Meski ganggang tidak berbahaya, namun kadar garam yang tinggilah yang menjadi bahaya bagi kulit saat menyentuhnya. 

Itulah sebab pemerintah setempat melarang mendekati danau pink (merah muda) apelagi menyentuhnye, karna akibat yang ditimbulkan sangat bahaye bagi kulit. 

Selanjutnye sahabat asmida bisa bace di sumber: https://bobo.grid.id/read/084015225/fenomena-alam-yang-cantik-kenapa-danau-pink-di-australia-tidak-boleh-disentuh 

Sajian Literasi TBM ALC ASMIDA KKALC 17 L2PTS GROUP: 26 Maret 2024:02:44 WIB/ Dr. Dra. Hj. Raja Muda Asmida,  M. Pd /Pemilik dan Pendiri L2PTS GROUP. 

https://youtu.be/f3ltFdHdr7M?feature=shared


Tidak ada komentar:

Posting Komentar