Kamis, 21 September 2023

TBM ALC: 3. Bukit Mina

 

#21september2023 
#literasitbmalc #literasialc 

"Mina merupekan tempat dimane Jibril datang kepada Nabi Ibrahim untuk mengajarkan tentang ibadah haji. Mina juge tempat terjadi peristiwa penyembelihan Nabi Ismail sebagai bentuk kurban kepada Allah SWT " 

Selanjutnya sile bace 👇di sajian ASMIDA KKALC 17 L2PTS GROUP maupun kolase asmida 👇suatu Gerakan Literasi Asmida TBM Asmida Learning Center Kampung Literasi ALC 

"Bukit Mina"

Mina adalah sebuah lembah di padang pasir yang terletak sekitar 5 kilometer sebelah timur Kota Makkah. Bukit ini terletak di antara Kota Makkah dan Muzdalifah. Daerah ini sangat terkenal ketika musim haji tiba. Semua jamaah haji menginap di sini pada tanggal 8 sampai 13 Dzulhijjah. Mina dikenal juga dengan julukan kota tenda karena di sini terdapat banyak tenda untuk jutaan jamaah haji seluruh dunia. Tenda-tenda ini tidak pernah dibongkar. Setiap tahun sekitar dua juta jamaah haji bermalam di Mina. Dalam ibadah haji, Mina dikenal sebagai tempat melempar jumrah.

Melempar jumrah adalah simbol perlawanan terhadap setan. Kita diharuskan melawan setan karena setan selalu menyesatkan manusia dari jalan yang benar. Setan juga selalu berusaha menjauhkan manusia dari jalan Allah Swt. Melempar jumrah merupakan simbol keteladanan Hajar yang menunjukkan sikap Permusuhan terhadap setan.

Dalam suatu riwayat dikatakan bahwa ketika Nabi Ibrahim membawa Nabi Ismail untuk disembelih, setan mendatangi Hajar. Sebagai ibunda Nabi Ismail, Hajar dibujuk oleh setan agar mencegah Nabi Ibrahim menyembelih Nabi Ismail. Setan beranggapan bahwa Hajar tidak akan tega anaknya dikorbankan oleh ayahnya. Ternyata, perkiraan setan meleset. Hajar malah mengambil batu dan melempari setan dengan tujuh buah batu. Setan tidak berhenti sampai di situ. Ia kembali membujuk Hajar. Namun, usahanya sia-sia Hajar kembali melemparinya dengan batu. Setan pun lari. Namun, setan tak pernah putus asa. Ia kembali mendatangi Hajar dan membujuknya. Kali ini pun setan menerima akibatnya. Hajar kembali melempari setan dengan batu. Nah, peristiwa Hajar melempari setan dengan batu ini diabadikan dalam melempar jumrah. Dalam ibadah haji, melempar jumrah tidak dilakukan hanya dalam satu hari tetapi tiga atau empat hari. Hal ini menunjukkan perintah Allah Swt, yang sangat tegas agar manusia benar-benar memusuhi setan dan menjauhinya.

Mina menjadi daerah yang penting dalam sejarah Islam. Di tempat ini Jibril datang kepada Nabi Ibrahim untuk mengajarkan ibadah haji. Selain itu, di Mina pula terjadi peristiwa penyembelihan Nabi Ismail sebagai bentuk kurban kepada Allah Swt. Di sini terdapat sebuah masjid yang bernama Masjid Khaif. Masjid ini merupakan masjid tempat Nabi Muhammad Saw, melakukan shalat dan khutbah ketika berada di Mina dan melaksanakan ibadah haji.

#mina
#masjidkhaif
#muzdalifah
#makkah
#sejarahislam
#ibadahhaji
#melemparjumrah
#koleksibukutbmalc
#koleksibukuislamuntukanak
#merdekabelajarasmida

Sumber Koleksi TBM ALC L2PTS GROUP 
Judul "Tempat Bersejarah Umat Islam" 
Disusun oleh: Yani Suryani





Sajian ASMIDA KKALC 17 L2PTS GROUP 
Oleh: Dr. Dra. Hj. Asmida, M. Pd (DRDRAHJAAMPD)

Pembuatan Kolase Asmida, Foto, Pengetikan, Proses Edit, Posting: 
Dr. Dra. Hj. Asmida, M. Pd (DRDRAHJAAMPD)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar