Kamis, 10 Agustus 2023

TBM ALC: 5. Semangka atau Tembikai: Tanaman Yang Berasal Dari Daerah Setengah Gurun Di Afrika Bagian Selatan


#07agustus2023 #agustus2023 

Semangka atau Tembikai: Tanaman Yang Berasal Dari Daerah Setengah Gurun Di Afrika Bagian Selatan.

Semangka atau nama lainnya tembikai, merupekan tanaman yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Semangka atau tembikai merupekan tanaman merambat masih sekerabat dengan labu-labuan. 

Semangka tumbuh dengan cara merambat, bukan memanjat. Jangkauan rambatan semangka atau tembikai hanya dapat mencapai panjang 3–5 meter. Semangka umumnya setelah dipanen buahnya dapat langsung dimakan setelah dipotong potong atau bisa juge dibuat jus. 

Tanaman semangka atau tembikai selain dikenal cukup tahan akan kekeringan. Buah semangka ini juge dikenal  memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Memiliki daging buah yang berair berwarna merah atau kuning, serta semangka dengan biji dan semangka tak bebiji. Bentuk bijinya pipih memanjang berwarna hitam, putih, kuning, atau cokelat kemerahan. Semangka memiliki bentuk yang beragam ade bulat, oval, lonjong bahkan saat ini ade semangka tembikai berbentuk kotak. dengan panjang 20–40 cm, diameter 15–20 cm, dengan berat mulai dari 4 kg sampai 20 kg. 

Berikut potongan semangka merah atau tembikai yang baru panen di pasar alias dibeli. 
Segar...apelagi saat cuaca bedengkang seperti saat ini. 

Disarikan dari sumber: 👇https://id.wikipedia.org/wiki/Semangka 

Sajian ASMIDA KKALC 17 L2PTS GROUP #literasitbmalc #literasialc Asmida Learning Center Taman Baca Asmida #asmidamenulis #merdekabelajarasmida #semangka #tembikai 
Gif Semangka Merah oleh: Asmida KKALC 17 L2PTS GROUP







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar