Minggu, 08 Mei 2016

Candi Muara Takus: Satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk Candi di Riau

Sekarang saye mau sedikit berbagi tentang Candi, kalau di Indonesia salah satu yang terkenal adelah Candi Borobudur, yang berada di Jawa Tengah. Di Kamboja, dikenal dengan Candi Angkor Wat yang terletak di bekas Ibu Kota Kerajaan Khmer, Kamboja, kemudian yang saye baru tau lagi adalah Candi Chichen Itza, tempat ini adalah situs peradaban suku Maya, Meksiko. Selanjutnye bace di buku "Tempat - tempat terkenal" , di TBM Asmida Learning Center juge ade. Selain buku tersebut warga belajar dapat mencari pade sumber-sumber yang lain.
Sekarang kite balik ke Provinsi Riau, taukah kalian, di Provinsi Riau juge ade candi yaitu Candi Muara Takus, yang terletak di desa Muara Takus, Kec. XIII Koto, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Indonesia. Kire-kire 135 km dari Pekanbaru.
Candi Muara Takus merupekan tempat pemujaan agama Budha, khususnye aliran Mahayana. Hal tersebut terlihat dari bentuk Candi Muara Takus yang berupa Stupa. Belum tau kapan kepastian dibangunnye Candi Muara Takus, diperkirakan telah ade pada zaman keemasan Sriwijaya.
Candi Muara Takus merupakan candi tertua di Sumatra, yang merupekan satu-satu2xnye situs peninggalan sejarah yang berbentuk candi di Riau. (Sumber: http://id.m.wikipedia.org/wiki/candi-muara)
Berikut gambar candi Muara Takus:

Gb. Candi Muara Takus
Sumber gb: http://id.im.wikipedia.org/wiki/candi-muara

Fhoto oleh: Dra. Asmida, M.Pd
Tanggal: 8 Mei 2016

Fhoto aku saat di Candi Borobudur, beberape tahun lalu





Tidak ada komentar:

Posting Komentar