Jumat, 05 April 2024

TBM ALC: 1. Mekah 1928 M; BabusSalam; Tawaf 1928; Bangunan telaga zam zam; Banjir Mekah 1941; Pintu gerbang jabal el Shafa; Mekah 1954; Saie. VIDEO SUMBER: GRUP A84PMIPA

Mencermati perkembangan zaman di Mekah tahun 1928 dan tahun 1954, adanya banjir Mekah tahun 1941, semuanya terbentang untuk kita berpikir, akan pentingnya membaca, belajar sehingga mampu merubah pola pikir dari berbagai sudut pandang.  
Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang begitu pesat yang diciptakan oleh bangsa luar sebagai produsen dan kita  berkutat sebagai konsumen, sehingga kita dapat menyaksikan perkembangan tersebut di berbagai medsos salah satunya didalam video sumber: grup A84PMIPA 👆👍

Mekah 1928 M; BabusSalam; Tawaf 1928; Bangunan telaga zam zam; Banjir Mekah 1941; Pintu gerbang jabal el Shafa; Mekah 1954; Saie. 

Semua kenangan kejayaan pada masa itu, saat ini saat kita ke tanah suci gambaran tersebut tidak akan kita temui lagi telah digantikan dengan berbagai kemajuan, kecanggihan tekhnologi di hampir setiap sudut kota suci Mekah. Contoh saat melaksanakan Saie, perjalanan ulang alik antara safa dan marwa suasananya teduh dalam lingkungan masjidil haram dengan penyezuk ruangan di semua lini. Masing - masing kita bergerak dengan kecepatan masing-masing. Jamaah yang kondisi kesehatannya tidak baik, bisa menggunakan jasa penggunaan kursi roda, dengan membayar ongkos yang sudah ditentukan. Dan berbagai kemudahan lainnya yang telah disiapkan oleh pemerintah Arab Saudi dari tahun ke tahun. 

Alhamdulillah saat mengunjungi Kota Suci Mekah dan Madinah tahun 2016, kemudian ibadah Umroh tahun 2019, berbagai renovasi untuk kenyamanan jamaah haji maupun umroh dari seluruh dunia untuk beribadah ke tanah suci terus ditata oleh pemerintah Arab Saudi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar