Kamis, 18 April 2019

TBM ALC : Mengenal kopi dan khasiatnya koleksi TBM ALC

Mengenal kopi dan khasiatnya merupakan salah satu buku koleksi di TBM Asmida Learning Center Pekanbaru Riau yang ditulis oleh Tanti Setiawati. Buku ini lumayan untuk menambah wawasan kita tentang kopi  yang mana bijinya seperti yang ditulis dalam prakata "ditemukan secara tidak sengaja oleh penggembala Ethiopia, kemudian dijadikan minuman wajib dalam upacara religius dengan maksud supaya orang yang terlibat bisa tetap terjaga sepanjang malam...."
Terlepas benar atau tidaknya namun sudah hal yang umum di masyarakat bahwa kalau ngantuk cenderung disuruh minum kopi, tapi itu nampaknya tidak berlaku pada saya sendiri (Dra. Hj Raja Muda Asmida, M.Pd) yang memang sedari kecil sudah terbiasa minum kopi hingga kini walau sudah tua kami adek beradek yang perempuan semuanya minum kopi seperti (alm) ayah H. Raja Muda Depang dan (almh) mak Hj.Tengku Sribanun  tapi yang laki-laki tidak mereka suka minum teh hahaha sampai ponakan baik laki-laki maupun perempuan juga minum teh, walau kami adek beradek yang perempuan ada yang minum teh tapi hanya selingan hehehe.
Semasa kecil dulu kalau balek kampung ke Kota Lama Rokan Hulu saya paling suka nengok dan memetik buah kopi yang  telah masak warnanya merah dibelakang rumah lumayan banyak pokok kopinya pada masa itu orang masih jarang membeli malah biji kopi bisa dijual, biasanya mak almh Hj. Tengku Sribanun dibantu orang dikampung untuk menumbuk biji kopi baunya sangat harum... setelah itu biasanya mak tidak pernah lupa bersedekah membekali tetangga dikampung yang masa itu kehidupan masih sangat sangat sulit dengan kebutuhan dasar mereka, setiap mereka balik kerumah masing2x tidak ada yang melenggang pasti ada aja yang dibekali mak "iko untuk monambah lauk" ucap mak sambil mengasih bingkisan biasanya pakai piring yang diikat dengan sapu tangan yang diterima dengan wajah yang sangat bahagia sulit untuk diungkapkan. Kembali cerita tentang kopi silakan dibaca sendiri berikut covernya
Koleksi TBM Asmida Learning Center 


Minuman favoritku kopi 
Setermos kopi sahabat setiaku



Tidak ada komentar:

Posting Komentar