Minggu, 19 Februari 2017

TBM ALC: Mampukah Kita Seperti Mereka

Mampukah Kita Seperti Mereka
oleh:
Dra. Hj. Raja Muda Asmida, M. Pd



"Mampukah kita seperti mereka", merupakan judul yang terbersit dipagi minggu tgl 19 Februari 2017 setelah berulang kali membaca makna didalam buku yang ditulis oleh Kholid O. Santosa yang telah beberape hari penulis bace diantara berbagai aktifitas rutin dan bacaan yang lain, salah satu yang membuat penulis teduduk adalah tentang Abdul Karim Amrullah atau Haji Rasul, buku yang merupekan koleksi dari TBM Asmida Learning Center ini nampaknya luput dari pantaun warga di ALC, bagaimana dengan buku yang lain, jawabannya hampir sama, sangat memprihatinkan sebetulnya tapi itulah kenyataannya berdasarkan pengamatan tidak terstruktur dimana generasi muda kita semakin tertinggal dalam membaca apalagi menelaah bacaan tidak akan pernah bisa (akan penulis bahas khusus pada tulisan berikutnya). Kembali pada kajian awal tentang keteguhan Haji Rasul saat beliau diminta tidak menyampaikan pidato-pidato yang menjatuhkan Pemerintah Kolonial beliau selalu menjawab seperti yang dikutip dari buku yang  ditulis oleh Kholid O. Santosa dengan judul "Manusia Di Panggung Sejarah Pemikiran dan Gerakan Tokoh-tokoh Islam" halaman 47, berikut bunyi tulisannya: "Jangan Tuan ancam saya! Sudah bosan saya dengan ancaman. Yang berkuasa adalah Tuan! Digantung saya tinggi, dibuang saya jauh. Namun saya tidak akan berhenti mengajarkan agama. Tidak bisa. Saya akan berhenti hanyalah bila telah berhenti pula nafas dalam tubuh saya". Penggalan singkat tersebut menurut penulis merupakan suatu keteguhan keyakinan Iman yang seharusnya membuka mata hati kita saat ini dalam menyikapi segala bentuk kengenah negara akhir-akhir ini yang semakin menjadi-jadi, bukankah segalanya akan dipertanggung jawabkan pada yang pemilik segalanya, pemilik keabadian Allah SWT. Selanjutmya bisa dibaca sendiri pemikiran tokoh-tokoh Islam tersebut salah satunya  di TBM Asmida Learning Center .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar